Panel Surya 101 : Kekurangan Penggunaan Panel Surya untuk Rumah Tangga

Menggunakan solar panel untuk rumah memang ada banyak keuntungannya, akan tetapi ada juga kekurangan yang mungkin akan anda rasakan ketika menggunakan solar panel ini. Lalu apa saja kekurangan dari solar panel ini? Berikut ini adalah berapa penjelasan mengenai kekurangan dari penggunaan solar panel ini. 

Harga dari solar panel

Hal pertama yang menjadi kekurangan dari sistem solar panel adalah mengenai harganya, saat ini solar panel memang sudah lebih mudah ditemukan. Hal ini menyebabkan harga dari solar panel sudah banyak turun dari harga solar panel di masa dahulu. Akan tetapi meski sudah turun, harga dari material yang digunakan untuk membuat solar panel ini masih cukup mahal hal inilah yang menyebabkan banyak orang menjadi ragu untuk menggunakan solar panel ini untuk kebutuhan rumah tangga mereka. 

Efisiensi masih kurang maksimal 

Selanjutnya, kekurangan dari solar panel adalah mengenai efisiensinya. Selain memiliki harga yang masih cukup mahal, efisiensi dari solar panel masih terbilang sangat minim saat ini. Hal ini menyebabkan penggunaan solar panel belum cukup kuat untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga. Lalu berapa besar efisiensi penggunaan dari solar panel ini? Besar efisiensi penggunaan dari solar panel ini maksimal hanya sekitar 20% saja. Sangat rendah bukan?

Material pembuatan panel surya masih kurang ramah 

Selanjutnya adalah mengenai material yang digunakan untuk pembuatan dari solar panel. Material yang digunakan untuk membuat solar panel cenderung merupakan bahan-bahan yang memiliki efek buruk pada lingkungan contohnya adalah silikon. Selain silikon ada banyak sekali bahan lain yang dimanfaatkan untuk menangkap cahaya matahari untuk membuat solar panel ini. Sayangnya di antara bahan yang dimanfaatkan memang tidak ada bahan yang ramah untuk lingkungan anda. 

Karena bahan yang digunakan untuk membuat solar panel untuk rumah ini merupakan bahan yang tidak aman untuk lingkungan, meski pada saat penggunaan dari solar panel ini tidak menimbulkan efek buruk pada lingkungan pada saat solar panel sudah tidak digunakan lagi material solar panel akan berubah menjadi limbah yang dapat merusak lingkungan. 

Tidak mudah di daur ulang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahan yang digunakan untuk pembuatan solar panel merupakan bahan yang berbahaya. Akan tetapi bahan ini tetap bisa di daur ulang. Meski bisa di daur ulang. Proses daur ulang juga tidak mudah untuk dilakukan. Dan jika terjadi kesalahan atau proses daur ulang tidak sempurna, limbah daur ulang ini dapat menyebabkan kerusakan lingkungan 

Sumber tenaga tidak konsisten

Selanjutnya adalah mengenai sumber tenaga. Karena merupakan alat yang sangat bergantung dengan sinar matahari, maka penangkapan cahaya sangat dipengaruhi cuaca. Keberadaan solar panel untuk rumah anda juga bisa bermasalah jika tiba-tiba ada gedung besar atau pohon yang tumbuh besar di sekitarnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *