Macam-Macam Komponen Di Dalam Genset

Genset adalah sebuah perangkat yang dapat mengubah energi mekanis yang diperoleh dari sumber eksternal seperti bensin, gas, turbin, hingga urine menjadi energi listrik sebagai output dengan kapasitas yang sesuai dengan jenis genset tersebut.

Penting untuk digarisbawahi, bahwa generator tidak menciptakan energi listrik secara mandiri. Genset menggunakan energi mekanik yang dipasok sebagai bahan bakar untuk dijadikan sebagai muatan listrik yang bergerak melalui sirkuit listrik eksternal.

Komponen genset yang terpasang sebagai elemen pengubah energi mekanik menjadi listrik, secara umum dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

  1. Mesin

Mesin atau engine adalah sebuah sistem mekanis untuk proses pembakaran internal yang menggunakan pengapian kompresi untuk mengubah energi yang dihasilkan dari bahan bakar mekanik menjadi energi eksternal.

  1. Generator

Fungsi dari komponen genset iini menghasilkan output listrik dari input mekanis yang telah disediakan oleh komponen mesin genset. Generator memiliki elemen yang membuat perputaran energi antara medan magnet dan listrik bekerja sama dalam menghasilkan listrik secara konstan. Elemen tersebut antara lain rotor, perangkat mekanis, magnet, dll.

  1. Sistem Bahan Bakar

Tangki bahan bakar yang terdapat didalam genset terkadang memiliki kemampuan menyediakan pasokan listrik selama enam sampai delapan jam pada satu kali pengoperasian. Sistem pembakaran mempunyai komponen yang meliputi :

  • Pipa

Pipa dari tangki bahan bakar mengarahkan bahan bakar dari tangki ke mesin

  • Pipa ventilasi

Didalam sistem bahan bakar, terdapat pipa ventilasi untuk mencegah penumpukkan tekanan atau kekosongan selama proses pembakaran terjadi. Pipa ini juga menjaga untuk menghindari percikan api.

  • Pompa bahan bakar
  • Filter bahan bakar air
  1. Sistem Tegangan Regulator

Komponen genset ini mempunyai fungsi sebagai sistem konversi tegangan yang dihasilkan dariĀ  tegangan AC dan mengubahnya menjadi arus DC. Transformasi yang sudah menjadi arus DC ini begerak ke sistem sekunder yang biasa disebut sebagai exciter atau sistem eksitasi.

  1. Sistem Pendinginan dan Pembuangan

Sebuah mesin generator apapun jenisnya akan menghasilkan suhu oanas ketika sedang beroperasi, dan harus didinginkan secara terus menerus untuk mencegah kerusakan mesin. Pada sistem pendinginan genset, umumnya dilakukan dengan air campuran yang dimasukkan kedalam saluran pendinginan.

  1. Sistem Pelumasan

Didalam generator terdapat komponen yang bergerak, sehingga diperlukan cairan pelumas untuk menjaga daya tahan mesin dan mempermudah gesekan antar komponen.

  1. Sistem Baterai

Pada saat genset dihidupkan, baterai inilah yang membuat semua komponen didalam genset dapat beroperasi. Dan pada saat genset dimatikan, baterai ini mempunyai fungsi sebagai penyimpan dana yang tambahan.

  1. Control Panel

Adalah sebuah komponen yang berguna sebagai pengatur segala macam operasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Salah satunya adalah tombol on/off pada genset.

  1. Kerangka Utama

Frame genset dibuat sebagai struktur dasar pembangunan komponen genset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *