Keunggulan Besi Beton

Jalan-jalan yang kamu lewati dan bangunan yang kamu tempati rata-rata bahan dasarnya menggunakan besi beton. Besi beton juga ada 2 jenis. Besi beton polos dan besi beton ulir. Apakah perbedaan keduanya? Besi beton polos (plain bar) adalah besi yang memiliki penampang bundar dengan permukaan licin atau tidak bersirip. Sedangkan, besi beton ulir (deformed bar) batang besi dengan permukaan yang memiliki permukaan khusus berbentuk sirip melintang atau rusuk memanjang. Besi beton polos rata-rata digunakan untuk melapisi dan mengikat besi ulir yang dipasang memanjang atau dalam satu konstruksi beton, untuk daya ketahanan tekanan besi beton polos tidak sekuat besi beton ulir. Besi beton polos memiliki ketahanan tekanan sebesar 240 Mpa. Besi ulir biasanya digunakan untuk tulangan beton. Besi Beton Ulir sifatnya kurang lentur dan sulit dibengkokan. Besi ulir juga memiliki ketahanan tekanan 400 Mpa. Harga jual besi beton ulir juga berbeda dengan harga jual besi beton polos.

Besi beton dibutuhkan dalam setiap pembangunan. Rumah, fasilitas umum, jalanan, dan masih banyak lagi. Besi beton ulir umunya juga digunakan untuk membangun jalan karena ketahanannya yang kuat menahan beban. Jadi kendaraan – kendaraan yang berlalu lalang bisa lancar melewati jalan. Besi beton ulir ini juga dapat menahan gerakan dari batang terhadap beton. Harga untuk jual besi beton juga berbeda-beda. Tergantung ukuran yang diminta. Harga jual besi beton ulir untuk ukuran Besi Beton D 13 IBD ISN dibandrol dengan harga Rp. 110.500.  Rata-rata untuk pembangunan seperti rumah menggunakan besi beton ulir dengan ukuran 8 mm dan 10 mm. Untuk proyek besar ukuran 12 mm dan 14 mm.

Apa saja si keunggulan besi beton?

  1. Kekuatan tekanan lebih tinggi dibandingkan dengan konstruksi lainnya. Fasilitas umum transportasi sangat membutuhkan besi beton. Tingkat kesibukan transportasi sangat padat. Agar jalanan kokoh dan tidak mudah retak.
  2. Daya tahan besi beton tinggi. Tahan terhadap air dan api. Jika terkena air besi beton tidak berkarat, terkena api hanya akan merusak permukaan beton saja. Karena daya tahannya yang tinggi tidak heran harga jual besi beton lumayan mahal.
  3. Dapat dibuat dalam beragam bentuk
  4. Biaya pemeliharaannya sangat rendah. Karena ketahanan besi beton, biaya pemeliharaan sangat minimalis.
  5. Untuk tanah yang teksturnya sulit untuk pembangunan, besi beton mudah digunakan.
  6. Dengan besi beton bahan dasarnya tidak perlu tenaga keahlian tingkat tinggi.
  7. Harga jual besi beton tidak tinggi.
  8. Besi beton strukturnya sangat kuat. Bisa untuk pondasi tumpuan jembatan, jalanan, fondasi dan sebagainya.

Kamu bisa mendapatkan tempat jual besi di toko bahan bangunan atau tempat khusus jual besi beton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *