3 Kekurangan Utama Atap Metal

Layaknya berbagai macam benda lainnya, atap metal tentunya juga memiliki beberapa kekurangan utama yang tidak dapat diabaikan. Namun apakah kekurangan utama tersebut bisa dimaklumkan? Ataukah malah kekurangan ini sangat fatal? Sehingga harga atap metal menjadi tidak terlalu mahal. Untuk menjawab segala rasa penasaran kamu, simak saja kekurangan utama dari atap metal berikut ini.

Rentan Tekanan Kuat

Walaupun terkenal sangat kuat dan cocok untuk diaplikasikan pada rumah-rumah yang berada di wilayah rawan bencana gempa bumi, namun tahukah kamu? Bahwa atap metal ternyata sangat rentan terhadap tekanan kuat. Contohnya saja terhadap tekanan air hujan. Jika hujan turun dengan sangat deras, maka atap yang terbuat dari metal bisa penyok dan mengalami kerusakan.

Namun semua kembali kepada pemilihan jenis lapisan logam. Biasanya atap yang menggunakan aluminium sebagai lapisan lebih kuat. Ini tentunya dikarenakan aluminium lebih lembut dan tahan penyok.

Warna Bisa Mengelupas dan Pudar

Kelemahan dari atap metal yang selanjutnya adalah warna yang dimiliki lebih mudah pudar ataupun mengelupas. Hal ini pastinya cukup berisiko. Walaupun biasanya atap metal memiliki garansi yang cukup lama. Bahkan bisa sampai bertahun-tahun. Namun tetap saja kamu harus memastikan bahwa pada saat proses pemasangan, atap tidak tergores. Sebab jika terjadi goresan dapat membuat tampilan rumah menjadi kurang maksimal.

Ekspansi dan Kontraksi Jenis Bahan Dapat Merusak Atap

Tahukah kamu? Jika ekspansi dan kontraksi pada logam dapat merusak atap rumah yang terbuat dari metal. Jika lapisan logam mengalami kontraksi sampai menimbulkan kerusakan, maka kemungkinan ataupun risiko terjadinya korosi. Korosi inilah yang lama kelamaan akan membuat atap menjadi rusak secara perlahan.

Apalagi jika atap metal hanya dilapisi oleh logam yang tipis. Logam tipis tentunya kurang kuat dan tidak tahan lama. Sehingga lebih rentan terhadap kerusakan mekanik. Tentunya ini cukup berbahaya pula. Oleh karenanya, jika ingin menggunakan atap metal, carilah atap yang menggunakan lapisan logam yang cukup tebal.

Itulah tiga kekurangan utama dari penggunaan atap metal. Bagaimana? Apakah kekurangan-kekurangan tersebut akan menjadi kendala? Sehingga kelebihan dari atap metal tidak berarti lagi, atau malah sebaliknya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *