Tahapan Dalam Belajar Perencanaan Keuangan

Melakukan investasi menjadi satu hal yang sangat penting jika anda ingin mendapatkan tujuan finansial yang baik. Untuk itu, anda harus melakukan banyak rencana agar apa yang menjadi tujuan finansial anda menjadi tercapai. Dan berikut ini adalah tahapan dalam belajar financial planning atau perencanaan keuangan yang bisa membantu anda akan menuju ke tujuan finansial anda. diantaranya adalah :

Anda harus menentukan rencana keuangan anda

Jika anda memiliki keinginan untuk liburan keluar negeri dalam waktu 1 tahun, atau anda ingin membeli gadget dalam waktu 1 tahun atau bahkan ingin mempersiapkan pendidikan anak dimasa depan. Maka semuanya harus anda tentukan lebih awal. Apakah anda ingin menabung, atau anda ingin melakukan investasi. Anda harus membuat rencana yang matang sehingga anda bisa mempersiapkannya dengan baik. Untuk itu sangat penting belajar financial planning.

Menghitung kebutuhan dana

Setelah anda sudah menentukan rencana keuangan apa yang akan diambil, maka saatnya untuk anda membuat data ini menjadi sekelompok angka. Dimana anda dalam tahapan ini sudah mulai dalam proses melakukan penghitungan dana dan juga angka sehingga bisa jauh lebih jelas dari tahapan sebelumnya. Tujuannya adalah agar rencana yang anda lakukan ini akan menjadi lebih mudah untuk anda. 

Strategi dan Rencana

Jika anda memang sudah mendapatkan perhitungan dana yang tepat, maka tahapan untuk anda lakukan saat akan belajar perencanaan keuangan adalah anda bisa melihat aset finansial yang anda miliki, apakah dana sudah tersedia atau memang belum mendukung rencana anda ini. Misalnya jika anda memiliki rencana untuk menyiapkan dana pendidikan anak di tahun 2025 dan saat ini masih di tahun 2020 dan anda masih memiliki dana 5 juta maka dana ini tentu saja tidak akan cukup untuk pendidikan anak anda nantinya di tahun 2025. Karena pada dasarnya biaya pendidikan selalu mengalami kenaikan. Dan untuk itu sangat penting untuk anda menghitung kembali berapa dana yang harus anda kumpulkan untuk pendidikan anak anda. Untuk itu, agar bisa mendapatkan output yang nantinya akan sesuai dengan apa yang diharapkan. Anda juga bisa menentukan produk keuangan yang memang sesuai dengan apa yang menjadi tujuan finansial yang memang anda ingin capai. 

Kenali Produk finansial

Tahapan selanjutnya adalah memahami produk finansial yang tersedia. Ada banyak sekali pilihan produk finansial yang bisa anda coba mulai dari saham hingga obligasi. Selain kedua produk ini sebenarnya alternatif lain yang memang jauh lebih populer adalah aset fisik misalnya adalah emas dan properti. Namun yang harus anda ingat adalah tiap produk finansial tentu saja memiliki resiko dan hasil yang berbeda. Untuk itu anda harus tetap menyesuaikan dengan target dan kebutuhan dana anda untuk saat ini. 

Terapkan dan monitoring rencana anda

Semua apa  yang anda sudah belajar perencanaan keuangan maka saatnya untuk anda menerapkannya dan juga lakukan monitoring untuk melihat sejauh mana proses ini berhasil anda terapkan sehingga tujuan finansial bisa tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *