Mengenal Beragam Jenis Alat Tes Ovulasi

Selain alat tes ovulasi strip test faktanya masih banyak jenis alat lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengecek masa subur. Ingin tahu apa saja? Simaklah penjelasannya berikut ini : 

  1. Ovutest strip

Masa subur seseorang ditandai dengan kenaikan LH atau Luteinizing Hormone yang signifikan sebelum terjadinya ovulasi. Dengan menggunakan ovutest strip, maka alat tersebut akan bereaksi apabila kenaikan LH telah terjadi. Reaksi tersebut muncul dalam bentuk perubahan warna yang ditunjukkannya. Ovutest strip dapat Anda gunakan dengan hasil yang akan menunjukkan bahwa kamu akan berada pada masa subur setelah 24 atau bahkan 48 jam setelah penggunaannya. Untuk hasil yang lebih akurat, Anda dapat menggunakannya pada urin di waktu-waktu tertentu. Seperti halnya pada pukul 10 hingga pukul 20 malam. 

2. Termometer suhu basal 

Suhu basal dikenal sebagai suhu tubuh ketika seseorang tengah beristirahat. Suhu tersebut dapat digunakan oleh kaum wanita untuk menentukan apakah dirinya tengah berada dalam masa ovulasi atau tidak. Sedangkan untuk tingkat akurasinya berada dalam jumlah 80%. Dibandingkan dengan jenis alat lainnya, keberadaan benda yang satu ini seringkali digunakan sebagai alat andalan. Hal ini berkaitan dengan keberadaannya yang mudah ditemukan di apotik. Tidak hanya itu, Anda pun juga dapat menggunakannya dengan mudah pada salah satu bagian tubuh untuk mengetahui hasil yang dimilikinya. Cara ini jelas lebih memudahkan Anda untuk menggunakannya tanpa harus menunggu kapan kiranya waktu penggunaan yang tepat. 

3. Aplikasi penghitung masa subur 

Alat lainnya yang juga dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui masa subur adalah melakukan perhitungan secara pribadi melalui aplikasi masa subur. Untuk saat ini ada banyak jenis aplikasi yang dapat Anda gunakan. Baik itu aplikasi penghitung masa subur di layanan ponsel iPhone atau bahkan android. Dengan melakukan perhitungan secara mandiri. Tentunya Anda dapat mengetahui dengan pasti, kapan kiranya masa subur yang Anda miliki. 

4. Fertile focus

Bagi Anda yang tengah mencari alat pengecek kesuburan yang ekonomis, maka alat yang satu ini adalah bagian tepat yang dapat Anda gunakan. Pasalnya selain dikenal dengan harga terjangkau, alat ini juga dapat Anda gunakan secara berulang kali. Tidak hanya itu, alat ini juga akan menunjukkan kapan waktu ovulasi yang Anda miliki dengan lebih tepat pula. Hal ini terbukti dari tingkat akurasi yang ditunjukkan pada angka 98%. Selain itu, fertile focus juga memiliki lensa pembesar hingga 50x yang tentunya dapat menangkap pola unik yang umumnya ditunjukkan 3-5 hari sebelum ovulasi terjadi. 

Untuk cara penggunaannya cukup dengan meletakkan air liur pertama di pagi hari pada kaca. Setelah itu gunakan lampu LED dan kaca pembesar. Apabila terdapat pola unik berbentuk ranting, maka dapat dipastikan Anda tengah berada dalam masa subur. 

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari beberapa alat tes kesuburan selain alat tes ovulasi strip test. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *