Mengenal Lebih Dekat Tentang Kalender Ovulasi

Bagi perempuan yang sudah dewasa atau menikah pasti sudah sering mendengar istilah kalender ovulasi, kalender ovulasi dianggap penting untuk mengetahui waktu yang tepat untuk berhubungan intim agar bisa hamil. Kalender ovulasi banyak digunakan sebagai bekal pasangan suami istri setelah menikah dan ingin segera mempunyai momongan. Berikut adalah ulasan mengenai kalender ovulasi, semoga bisa menambah pengetahuan Anda.

Kalender ovulasi 

Adalah perkiraan tanggal masa subur perempuan. Masa subur dianggap sebagai waktu terbaik perempuan untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan agar lebih cepat menghasilkan momongan. Kenapa dalam masa subur ini mempunyai kemungkinan hamil lebih besar? Karena Di masa subur inilah terjadi ovulasi pada perempuan, ovulasi terjadi ketika ovarium melepaskan sel telur. Jika sel telur sudah dilepaskan dan melakukan hubungan intim maka sperma akan membuahi sel telur kemudian terjadilah kehamilan. Oleh karena itu mengapa pasangan yang ingin segera mendapatkan momongan disarankan melakukan hubungan intim di waktu ini. 

Cara menghitung kalender ovulasi

Untuk mengetahui waktu subur perempuan maka harus menghitung kalender ovulasi. Hal ini bisa dilakukan dengan mengetahui kapan tanggal pertama haid terakhir dan siklus menstruasi. Siklus menstruasi perempuan adalah hitungan hari pertama menstruasi sampai hari pertama menstruasi pertama bulan selanjutnya. Misal Anda haid tanggal 1 maret kemudian haid bulan berikutnya tanggal 1 April maka siklus haid Anda adalah 32 hari. 

Kalender ovulasi menghasilkan perkiraan yang tepat untuk wanita yang mempunyai siklus menstruasi teratur. Cara menghitung secara tepat masa ovulasi atau masa subur adalah

  1. Hitung siklus menstruasi Anda, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Disarankan menghitung siklus menstruasi selama 6-12 bulan agar bisa mendapatkan rata-rata siklus menstruasi.
  2. Jika sudah mengetahui berapa lama siklus menstruasinya, kurangi siklus menstruasi terpendek dengan angka 18. Misal siklus menstruasi terpendek Anda adalah 29 hari maka 29-18 = 11. Berarti masa subur Anda dimulai dari hari ke-11 siklus menstruasi.  
  3. Kemudian hari terpanjang dalam siklus menstruasi Anda kurangi dengan angka 11. Misal siklus terpanjang menstruasi Anda 32 hari maka 32-11= 21. Berarti masa subur Anda berakhir pada hari ke-21 siklus menstruasi Anda. 
  4. Jadi Anda memiliki waktu masa subur dari hari ke-11 sampai hari ke-21 siklus menstruasi. 

Perlu diperhatikan, kalender ovulasi digunakan untuk memberi perkiraan waktu subur agar bisa segera hamil jadi perkiraan ini bisa tidak tepat bahkan meleset karena berbagai sebab. Ovulasi pada wanita itu sendiri dapat dipengaruhi banyak hal baik pengaruh dari luar atau dari dalam seperti stress, konsumsi obat, obesitas dan lain-lain sehingga tidak cukup berpaku pada kalender menstruasi saja namun juga harus memperhatikan kesehatan si perempuan.  

Sekian ulasan singkat mengenai kalender ovulasi. Semoga menambah pengetahuan Anda mengenai masa subur dan siklus mens. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *